Berita Terbaru – Empat pemain tim nasional U-19 Indonesia naik kelas ke senior untuk menyongsong Piala Dunia U-20 2021 akan datang. Empat pemain itu ialah Adi Satrio (penjaga gawang PSMS Medan), Alfeandra Dewangga (bek PSIS Semarang), Pratama Arhan Alif (gelandang PSIS Semarang) serta penyerang Irfan Jauhari (Bali United).

Empat Pemain Timnas U-19 Indonesia Ini Diikutkan Latihan Bersama Tim Senior Lantaran Persiapan Piala Dunia U-20

Ke empat pemain ini dipanggil Shin Tae-yong ke tim nasional senior serta telah ikuti pemfokusan latihan hari pertama di Stadion Madya, Jumat (14/2/2020). Menurut Shin Tae-yong, ke empat pemain tim nasional U-19 Indonesia ini memiliki potensi serta patut naik kelas ke senior. Shin Tae-yong mengharap mereka dapat ambil pengetahuan dari beberapa seniornya sepanjang pemfokusan latihan untuk jadikan bekal tampil di Piala Dunia U-20 2021.

“Potensi pemain U-19 yang dipanggil saat ini memang masih dibawah beberapa seniornya. Tetapi mereka mencolok waktu pemfokusan latihan di Thailand (Januari 2020),” kata Shin Tae-yong. “Pemain U-19 dipanggil ke senior untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021 kelak. Saya percaya seiring waktu berjalan, potensi mereka akan bertambah bersama dengan tim nasional senior,” tutur Shin Tae-yong memberikan tambahan.

Sebelum masuk dengan tim nasional senior, Adi Satrio, Alfeandra, Arhan Bijak, serta Irfan Jauhari ialah sisi dari tim nasional U-19 Indonesia. Mereka bersama dengan 28 pemain yang lain ikuti pemfokusan latihan di Thailand sepanjang 12 hari dengan enam laga eksperimen. Untuk tim nasional U-19, Shin Tae-yong memang ditugaskan PSSI untuk mengatur perubahan beberapa pemain lewat jabatan manager.

Shin Tae-yong disuruh PSSI ikut menolong memperisiapkan team yang akan tampil pada tempat Piala Dunia U-20 2021. Pekerjaan itu peluang jadi fakta Shin Tae-yong bawa partnernya dari Korea Selatan, Gong Oh-kyun, menjadi pelatih kepala tim nasional U-19 Indonesia. Akhirnya tim nasional U-19 Indonesia jadi salah satu tahap usia yang dilatih oleh pelatih asing.

Dua tahap usia yang lain masih di bawah kendali pelatih Indonesia yaitu Indra Sjafri untuk tim nasional U-23 serta Bima Sakti di tim nasional U-16. Berkaitan pemfokusan latihan tim nasional senior kesempatan ini, Shin Tae-yong bakaln menggenjot Irfan Bachdim dkk sepanjang 10 hari sampai 23 Februari 2020. Pemfokusan latihan di Jakarta itu disebutkan jadi persiapan Shin Tae-yong untuk tentukan pemain yang akan turun di dua pertandingan Kwalifikasi Piala Dunia 2022 Maret akan datang.