Berita Terbaru – Hari pertama pemfokusan latihan tim nasional Indonesia di bawah bimbingan Shin Tae-yong tersisa lima bukti menarik. Pemfokusan latihan tim nasional Indonesia itu berjalan sepanjang hampir dua jam semenjak jam 18.39 WIB di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (14/2/2020). Mass media terhitung wartawan yang ada di Stadion Madya dibiarkan melihat latihan pertama kesempatan ini sampai usai. Hal tersebut peluang tidak terlepas dari menu latihan yang diberi Shin Tae-yong. Pada latihan pertama kesempatan ini, Shin Tae-yong kelihatan tidak memberikan menu latihan berkaitan taktik bermain.

3 Catatan Menarik Dalam Pemusatan Latihan Timnas Dibawah Shin Tae-Young

Dalam pengamatan wartaan, menu latihan yang diberi Shin Tae-yong benar-benar mudah seperti dribling, passing, sampai fun games tanpa ada bola. Selesai latihan, Shin Tae-yong memandang tidak dapat memberikan latihan berat di hari pertama sebab keadaan fisik pemain tidak bagus. Latihan pertama kesempatan ini diikuti oleh 30 dari 34 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong. Gagasannya pemfokusan latihan ini akan berjalan sepanjang 10 hari sampai 23 Februari di Jakarta. Berikut lima dari latihan pertama tim nasional Indonesia bimbingan Shin Tae-yong, Jumat (14/2/2020):

Yang pertama adalah Mills Apparel Paling baru Tim nasional Indonesia
Seputar 30 menit sebelum hari pertama pemfokusan latihan diawali, PSSI menginformasikan kerja sama juga dengan Mills jadi apparel paling baru tim nasional Indonesia. Mills adalah merek asli Indonesia punya PT Partner Kreasi Garmen. Kerja sama Mills serta PSSI ini berdurasi dua tahun. Di hari pertama pemfokusan latihan pemain tim nasional Indonesia dan semua staf pelatih telah kenakan jersey bikinan Mills. Beberapa pemain menggunakan jersey merah dengan simbol garuda di dada kiri serta celana hitam.

Mengenai untuk barisan pelatih kenakan jersey biru bercorak kombinasi warna merah muda sampai hijau jelas dengan simbol PSSI di dada kiri. Simbol Mills melekat di dada kanan jersey pemain serta barisan pelatih. Kerja sama ini membuat isu tim nasional Indonesia akan kenakan jersey bikinan Warrix dari Thailand tidak terealisasi. Isu ini bertumbuh sesudah tim nasional U-19 Indonesia kenakan produk Warrix waktu pemfokusan latihan pertengahan Januari kemarin.

Yang kedua adalah Indra Sjafri Tidak Mengikuti Shin Tae-yong
Indra Sjafri tidak ada di hari pertama pemfokusan latihan tim nasional Indonesia. Bukti ini termasuk mengagetkan sebab Indra Sjafri ialah pelatih Indonesia pertama yang diambil Shin Tae-yong menjadi asisten. Tidak hanya jadi asisten Shin Tae-yong, Indra Sjafri sekarang memegang pelatih tim nasional U-23 Indonesia. Waktu diberi pertanyaan mass media kenapa Indra Sjafri tidak ada, Shin Tae-yong tidak memberikan jawaban. Sampai sekarang belum juga didapati fakta Indra Sjafri tidak ada pada pemfokusan latihan tim nasional Indonesia.

Shin Tae-yong pada latihan pertama ini dibarengi langsung oleh lima asistennya dari Korea Selatan, terhitung Lee Jae-hong sebagai pelatih fisik. Absennya Indra Sjafri membuat Nova Arianto jadi salah satu pelatih Indonesia yang mengikuti Shin Tae-yong. Sebelumnya, Indra Sjafri ikut mengikuti Shin Tae-yong saat lakukan seleksi serta pemfokusan latihan tim nasional U-19 Indonesia sepanjang 17 hari. Akhirnya sekarang tersebar isu bila Indra Sjafri tidak memegang jadi asisten pelatih Shin Tae-yong.

Yang ketiga adalah Stefano Lilipaly Latihan Terpisah
Bintang Bali United, Stefano Lilipaly, jadi salah satu pemain yang berlatih terpisah di hari pertama pemfokusan latihan. Session pemanasan jadi salah satu waktu Lilipaly berlatih bersama dengan rekan-rekannya. Kemudian, Lilipaly berlatih terpisah serta dibarengi oleh seseorang fisioterapis. Meskipun begitu Lilipaly masih dapat lari melingkari lapangan Stadion Madya seringkali diakhir session latihan.

Lilipaly berlatih terpisah sebab sekarang masih menanggung derita luka di punggung kaki kanannya. Luka itu didapatkan Lilipaly waktu latihan bersama dengan Bali United mendekati pertandingan pembuka Group G Piala AFC 2020 menantang Than Quang Ninh. Lilipaly direncanakan akan berlatih terpisah minimum sampai hari ke-3 pemfokusan latihan, Minggu (16/2/2020).