Berita Terbaru – Kementerian Koperasi serta UKM menggandeng Indonesian Fashion Chamber (IFC) berusaha datangkan buyer asing lewat penyelenggaraan moment rasio internasional dengan teratur untuk pasarkan produk UKM berbasiskan halal terhitung fashion Muslim serta kuliner.

Kemenkop Mengajak IFC Bekerja Sama Untuk Datangkan Buyer Asing Demi UKM Yang Menghasilkan Produk Halal

“Kami mengharap kerjasama dengan Kementerian Koperasi serta UKM untuk dapat mengadakan moment yang bertaraf internasional,” kata National Chairman IFC Ali Charisma dalam info sah yang diterima wartawan, Jumat (7/2/2020). Ali menjelaskan, untuk peningkatan usaha sendiri faksinya telah mempunyai moment Muffest (Muslim Festival) yang diinginkan dapat dipadukan dengan program yang berada di Kementerian Koperasi serta UKM serta menurut dia Indonesia memang seharusnya mempunyai moment bertaraf internasional dengan teratur serta minimal 2x pada sebuah tahun agar bisa datangkan buyer asing.

Faksinya sendiri yang mewadahi minimal 400 merek lokal yang sejumlah besar UKM akui benar-benar terbantu bila ada moment pameran atau festival yang datangkan buyer asing hingga tidak butuh lakukan branding langsung di luar negeri yang mengonsumsi ongkos besar.

“Kalau tidak memiliki moment yang bertaraf internasional untuk membranding Indonesia jadi pusat model dunia kami cemas usaha atau industri ini tidak dapat bertumbuh,” tuturnya. Oleh karenanya faksinya mengatakan diri siap bekerjasama dengan Kementerian Koperasi serta UKM untuk dapat mengadakan event-event promo rasio internasional.

“Kami mengharap dapat bekerjasama di pembentukan koperasi yang dapat melahirkan merek yang dapat berkompetisi dengan brand-brand yang saat ini kuasai pasar internasional,” tuturnya. IFC sejauh ini menonjolkan karya produknya pada kemampuan lokal supaya mempunyai pembeda yang ciri khas dengan merek internasional.

Organisasi itu dalam mewadahi anggotanya lakukan beberapa program untuk anggotanya salah satunya inkubasi, training, serta peningkatan usaha. Selain itu, Deputi Bagian Produksi serta Pemasaran Kementerian Koperasi serta UKM Victoria Simanungkalit menjelaskan ,faksinya menggandeng kementerian lain salah satunya Kementerian Luar Negeri untuk mengadakan moment bertaraf internasional sekaligus juga untuk memberi dukungan aktor UMKM yang terhimpun dalam IFC.

Faksinya sendiri mempunyai moment bertopik Halal Festival yang akan diadakan bersamaan jadwal Halal Summit yang diinisiasi Kemenlu serta akan mengundang banyak buyer asing. Dengan demikian tahun ini dapat diadakan dua moment rasio dunia yaitu Muffest 2020 pada 20 Februari 2020 di Jakarta serta Halal Festival 2020 pada 25 Oktober – 2 November 2020 di JCC Jakarta.

“Jadi kita ingin membuat ini jadi besar serta ini jadi moment tahunan hingga buyer memiliki kalender spesial untuk ke Indonesia,” kata Victoria. Ali Charisma mengharap event-event itu dapat memperluas jaringan pemasaran aktor UKM di Indonesia terhitung anggota IFC yang peluang ada seputar 700-1000 merek lokal yang akan terjebak dalam dua pameran itu.

Selain itu, Menteri Koperasi serta UKM Teten Masduki mengharap bisa dikerjakan kerjasama yang lebih nyata hingga produk UKM yang berbasiskan halal terhitung fashion Muslim makin luas capaian pasarnya. Selanjutnya Teten mengharap usaha itu sekaligus juga dapat menggerakan industri di bagian produk halal terhitung fashion Muslim dari hulu ke hilir, mensubstitusi produk import, serta menggerakkan perkembangan industri pendukungnya.