Berita Terbaru – Waktu lalu berlangsung keterlambatan pembayaran upah pensiunan pegawai negeri sipil ( PNS) lewat PT Taspen. Ini diutarakan beberapa pensiunan atau keluarganya di sosial media. Sudah diketahui, PT Taspen adalah perusahaan BUMN yang diakui mengadakan Program Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terbagi dalam Program Pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta Tabungan Hari Tua (THT). Berikut ringkasan bukti berkaitan keterlambatan pembayaran upah pensiunan oleh Taspen.

Bagi Anda Yang Telat Menerima Gaji Pensiunan Mungkin Bisa Melihat Klarifikasi Dari Taspen Ini

Yang pertama adalah Terlambat bayar
Salah satunya pemakai Twitter @nicholassiburian menyalahkan jika upah pensiunan dianya belum dibayarkan pada Februari 2020 serta terlambat sampai tengah bulan. “Januari tempo hari pensiunnya telah masuk, serta telah usai permasalahannya. Saat ini ingin mengambil yg Februari knp tidak dapat ? Walau sebenarnya dari Taspen Medan tidak ada permasalahan. Ada apakah sich??” “Lho, kok gajian jadi di atas tanggal 16. Ini akan selanjutnya setiap bulan atau bagaimana??,” katanya waktu menanyai account Twitter sah Taspen, Selasa (5/1/2020).

Disamping itu beberapa pemakai menyalahkan hal sama, dimana tanggal 1 upah pensiunan belum segera turun. “@taspenkita halo min, ingin bertanya.. Upah pensiun ibu sy yg bulan ini ko belom masuk.. Umumnya dr tgl 1 sdh masuk.. Baru saja cek saldo blm msuk. Miss dmna ya ini?” katanya.

Yang kedua adalah Otentikasi bermasalah
Tidak hanya permasalahan keterlambatan upah, beberapa pemakai menyalahkan permasalahan otentikasi untuk lakukan klaim upah dengan online. “@taspenkita minta bantuannya admin pt taspen, waktu otentikasi tidak berhasil terus, telah aplikasi paling baru,” sebut @kharoomkiell dalam cuitannya. Aplikasi Otentikasi salah satu langkah untuk Otentikasi supaya pensiunan tidak harus hadir ke kantor bank atau kantor pos untuk ambil uang pensiun. Bila pensiunan mempunyai masalah berkaitan pemakaian piranti HP/Smartphone untukOtentikasi, pensiunan masih dapat hadir langsung ke Partner Bayar Bank atau Pos.

Manajer PPID serta Keluhan Konsumen setia Taspen, Iman Hermawan menjelaskan jika ketidakberhasilan itu karena disebabkan permasalahan traffic pemakai yang tinggi, dimana skema Taspen tidak dapat mengatasi keseluruhnya klaim upah lewat otentikasi online. “Umumnya tanggal 1 benar-benar ramai yang otentikasi hingga skema tidak dapat mengatasi sekaligus juga,” tuturnya, Rabu (4/2/2020). Dianya menjelaskan bila ada permasalahan tentang keterlambatan serta permasalahan yang lain, karena itu selekasnya mengontak kantor cabang Taspen paling dekat.

Yang ketiga adalah Jawaban Taspen
Menyikapi keterlambatan upah pensiunan yang dirasakan di Twiter PT Taspen mengklaim jika itu berlangsung sebab pensiun yang baru mendaftarkan pada bulan Januari serta baru masuk ke skema susulan Taspen pada tanggal 15 Februari. “Disebut dapem susulan ialah daftar pembayaran yg diolah di bulan Februari hingga daftar nya masuk susulan serta dibayarkan seputar tanggal 15. Ini berlaku buat yang ajukan pertama-tama pensiun,” sebut Imam. Dia menerangkan bila pensiunan baru mendaftarkan Januari maka dibayarkan dengan manual dan THT.

Tetapi, pada Februari pembayaran pensiunan akan didaftarkan ke skema dapem susulan. Pada bulan selanjutnya atau Maret akan dibayarkan normal sampai selanjutnya. “Untuk bulan berikut nya normal tanggal 1 jadi yang disebut dibayarkan mulai tanggal 15 itu buat penerima yang masuk dalam daftar susulan,” katanya.

Imam sendiri menjelaskan, pensiun untuk Januari memang termasuk banyak, tetapi dia tidak menyebutkan berapakah angka detil pensiunan yang alami keterlambatan sebab masuk dapem susulan. Saat di konfirmasi kembali Imam yakini keterlambatan itu karena hanya pendaftaran baru, serta tidak pada pendaftaran lama. “Iya hanya yang baru, yang lama jelas normal,” katanya.