Berita Terbaru – Menteri Koordinator bagian Perekonomian Airlangga Hartarto tidak melarang penjualan bawang putih asal China di Indonesia. Import bawang putih China masih dibolehkan. Pemerintah Indonesia cuma melarang import hewan hidup yang datang dari China mengejar merebaknya virus corona di negara itu.

Bawang Putih Yang Berasal Dari China Masih Diperbolehkan Masuk Di Indonesia

“Pemerintah melarang import ‘live animal’ (hewan hidup) dari Tiongkok, jika saat ini ada (import yang dikirim akan dikembalikan, sebab dikatakan cara transmisi penyakit lewat ‘human to human’ serta ‘wild animal’,” kata Airlangga di Istana Bogor, Selasa tempo hari. Airlangga mengemukakan hal itu selesai hadiri rapat terbatas tentang “Persiapan Hadapi Efek Virus Corona” yang di pimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Kebijaksanaan itu mengejar beberapa aksi lain yang telah dikerjakan Indonesia pada China yakni larangan izin buat semua pendatang yang datang dari China daratan atau mereka telah ada di China daratan sepanjang 14 hari untuk masuk serta transit di Indonesia dan pemberhentian sesaat sarana bebas visa serta “visa on arrival” buat masyarakat negara China.

“Sedang untuk perdagangan barang sebab tidak berkaitan dengan penyebaran karena itu perdagangan selalu bersambung serta terhitung holtikultura seperti bawang putih serta buah-buahan,” lebih Airlangga. Airlangga mengatakan jika pemerintah akan mempersiapkan skenario selanjutnya terhitung mempertimbangkan efek penebaran virus corona itu pada perekonomian nasional.

“Kami akan monitor terus, di China (penebaran virus corona) akan dimonitor terus sampai pertengahan Februari, ‘outbreaknya’ direncanakan sampai pertengahan Februari, serta karantina mereka akan dievaluasi akhir Februari karena itu pemerintah akan lakukan hal sama,” jelas Airlangga. Sesaat berkaitan penurunan wisatawan asal China ke beberapa tujuan pariwisata di Indonesia, pemerintah akan menggerakkan tumbuhnya wisatawan dalam negeri.

“Pemerintah menggerakkan perjalanan ke tujuan wisata ke Bali, Batam, Bintan serta Manado serta akan diakui dikasih biaya spesial, akan dihitung. Kami akan menggerakkan konferensi-konferensi serta MICE (Rapat, Incentive, Convention, and Exhibition) dalam negeri untuk diadakan di wilayah pariwisata itu supaya wisatawan domestik bertambah,” lebih Airlangga.

Sedang Menteri Perdangangan Agus Suparmanto menjelaskan jika beberapa hewan hidup yang dilarang untuk di-import ialah hewan-hewan reptil. “Ketetapannya kita larang mengimpor hewan-hewan hidup. Semua hewan hidup seperti kura-kura, ular serta reptil, itu jangan. Itu terkait dengan virus,” kata Agus.

Agus mengatakan ketentuan itu akan selekasnya diresmikan.

“Berlaku selekasnya, kemungkinan Februari ini saya keluarin peraturannya sampai kelak dievaluasi kembali sesudah Presiden menilai kembali. Sifatnya sesaat, tidak selama-lamanya sebab ini menghadapi saja,” papar Agus. Pada Minggu (2/2), pemerintah Indonesia juga mengevakuasi 237 WNI yang tinggal propinsi Hubei serta satu WNA yang disebut suami dari seorang WNI, dan 5 orang anggota Team Aju KBRI Beijing.

Sebelum kembali pada rumah semasing, mereka diletakkan terlebih dulu di Pulau Natuna, kepulauan Riau untuk diobservasi sepanjang 14 hari di RS TNI Terpadu Tingkat III Pangkalan TNI AU Raden Sadjad yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan, TNI, serta Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB).

Kota Wuhan di propinsi Hubei, China jadi pusat penebaran virus corona type baru. Virus yang membuat penderitanya alami pneumonia itu pertama diketemukan di Wuhan pada Desember 2019. Pemerintah China lantas mengarantina propinsi Hubei. Sekarang di penjuru dunia ada 17.845 masalah positif virus korona type baru dengan jumlahnya korban wafat 362 orang.