Berita Terbaru – Cahaya utara atau yang disebutkan aurora borealis punya daya tarik menegangkan, magic, yang tidak tertandingi. Aurora borealis bisa disaksikan dibagian utara Bumi. Tetapi, tidak kebanyakan orang yang hadir kesana bisa lihat si cahaya utara dengan gampang. Kenyataannya, beberapa orang yang telah pergi jauh ke tempat penilaian aurora, tidak bisa nikmati kejadian cantik ini.

Ini Proses Terjadi Cahaya Utara

Terbentuknya aurora borealis
Dikutip Ruang.com (11/10/2017), pusat tata surya kita ialah matahari. Banyak medan magnet yang terdistorsi serta berputar-putar mengelilingi matahari. Saat semasing medan magnet itu tersambung, mereka memunculkan ledakan yang disebutkan sunspot. Ukuran sunspot bermacam, yang paling besar dapat sampai diameter Bumi. Di pusat matahari, suhunya sampai 15 juta derajat Celsius. Waktu suhu di permukaan matahari turun naik, matahari mendidih serta bergelembung.

Partikel-partikel dari sunspot, lemparkan partikel plasma yang diketahui jadi angin matahari ke ruangan angkasa. Untuk sampai Bumi, angin matahari memakan waktu 40 jam. Nah, dalam proses itu, angin matahari mengakibatkan timbulnya aurora borealis yang benar-benar indah. Aurora tidak cuma berlangsung di Bumi, dan juga di planet lain di tata surya kita, serta kemungkinan planet ekstrasurya. Planet raksasa seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, serta Neptunus punya atmosfer tebal serta medan magnet yang kuat.

Di planet itu ada juga aurora, walau berlainan yang terlihat di Bumi. Venus punya aurora yang dibuat oleh medan magnetnya yang memanjang, namanya magnetotail. Mars yang punya atmosfer tipis punya aurora lokal. Pesawat ruangan angkasa Maven punya NASA pernah temukan aurora belahan bumi utara yang menyebar luas di Mars.

Warna pada aurora borealis
Warna yang seringkali ada pada aurora borealis ialah merah muda, hijau, kuning, biru, ungu, putih, serta kadang oranye. Umumnya, saat partikel bertubrukan dengan oksigen, warna kuning serta hijau ada. Saat partikel berhubungan dengan nitrogen, ada warna merah, ungu, serta terkadang biru. Tipe tabrakan membuat ketidaksamaan pada warna yang tampil di langit.

Jadi contoh, nitrohen atom membuat warna biru, sedang nitrogen molekuler membuahkan warna ungu. Warnanya dikuasai oleh ketinggian. Cahaya hijau umumnya ada di ketinggian 241 km., merah di ketinggian 241 km., biru di ketinggian 96,5 km., serta ungu di atas ketinggian 96,5 km.. Cahaya ini bisa bermanifestasi jadi pita cahaya statis atau saat cahaya matahari benar-benar kuat bisa membuat gorden yang senantiasi beralih warna.

Dimana dapat lihat aurora serta kapan?
Tempat paling baik lihat cahaya utara ialah di Alaska serta Kanada Utara. Diluar itu, Norwegia, Swedia, serta Finlandia dapat menajdi pilihan untuk lihat aurora. Aurora borealis disebutkan tetap ada tiap malam. Tetapi, musim dingin ialah waktu paling baik untuk memandangnya sebab tingkat polusi cahaya yang lebih rendah serta udara yang jernih serta fresh.

September, Oktober, Maret serta April ialah bulan paling baik untuk lihat aurora borealis. Cahaya aurora didapati lebih jelas serta lebih aktif sampai dua hari sesudah kegiatan sunspot sampai puncaknya. Beberapa instansi, seperti NASA serta Administrasi Kelautan serta Atmosfer Nasional, memonitor kegiatan matahari serta keluarkan pemberitahuan saat aurora diperkirakan akan ada.