Berita Terbaru – NASA sebagai salah lembaga yang paling di percaya di seluruh dunia untuk menemukan hal hal baru dalam dunia luar angkasa membuat mereka selalu menenjukan didikasi dengan membuat proker proker atau misi misi. Baru baru ini NASA sudah menggandeng lima perusahaan kedirgantaraan untuk masuk dengan misi Artemis, yang akan kirim manusia selanjutnya ke Bulan.

NASA Ajak 5 Perusahaan Sekaligus Untuk Jalankan Misi Artemis

Pada 18 November, NASA menginformasikan ke lima perusahaan itu yang terbagi dalam SpaceX, Blue Origin, Sierra Nevada Corp, Ceres Robotics, serta Tyvak Nano-Satellite Systems, Inc. sah masuk dengan program Commercial Lunar Payload Services (CLPS).

“Perusahaan kedirgantaraan Amerika ini masuk dengan program Artemis. Barisan perusahaan yang penuhi ketentuan untuk ajukan penawaran pengiriman muatan ke permukaan Bulan menggerakkan pengembangan,” sebut Jim Bridenstine, Administrator NASA. Ke lima perusahaan itu akan menolong NASA membuat pendarat Bulan dengan beberapa ukuran. Dari mulai yang betul-betul masif, sampai probe yang lebih kecil.

“Ide CLPS direncanakan untuk manfaatkan ketrampilan serta pengembangan industri swasta untuk arah sampai Bulan secara cepat,” jelas Thomas Zurbuchen, Associate Administrator NASA dari Direktorat Misi Sains, seperti diambil situs Ruang.com.

Blue Origin sendiri sedang kerjakan pendarat Bulan yang didasarkan pada ide Blue Moon. Sesaat Sierra Nevada serta Ceres Robotics sedang meningkatkan pendarat memiliki ukuran sedang yang punya potensi dinaikkan ke kendaraan yang semakin besar di waktu depan.

NASA merencanakan memakai pendarat Bulan yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan partner ini untuk mengantarkan robot pelacak seperti Volatiles Investigating Polar Exploration Rover (VIPER) ke kutub selatan Bulan. Muatan yang lain bisa meliputi pembangkit listrik serta infrastuktur Bulan yang lain. NASA disebut akan habiskan keseluruhan ongkos 2,6 miliar dolar AS untuk kontrak CLPS sampai November 2028 akan datang.

Di lain sisi, NASA sedang cari perusahaan swasta untuk meningkatkan pendarat Bulan yang akan dinaiki beberapa astronot. Pada Mei lalu, NASA sudah pilih 11 calon perusahaan.
Perusahaan diwajibkan kirim proposal ke NASA dengan batasan waktu sampai 1 November untuk detil pendarat yang akan mereka bangun.