Berita Terbaru – Bersamaan menambahnya umur, banyak terjadi perubahan yang kita tidak sadari pada tubuh kita. Anda yang merupakan bagian dari unsur penuaan. Di umur senja, beberapa beberapa bagian tubuh Anda alami penurunan fungsi, terhitung otot

Inilah Nutrisi Yang Anda Butuhkan Untuk Menghambat Turunnya Massa Otot Anda Di Usia Senja

Itu penyebabnya kenapa beberapa lanjut usia yang kehilangan massa ototnya serta membuat dia tidak sekuat dahulu. Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, pada seorang lansia, ada 3 organ penting untuk kesetimbangan yakni otak, otot serta tulang.

“Salah satunya masalah organ ini yang mengakibatkan orangtua seringkali gunakan tongkat. Masalah tulang seperti osteoporosis, massa otot yang menyusut dan masalah kesetimbangan otak ialah pemicu kakek serta nenek ini tidak dapat berjalan normal tegak seperti saat mudanya,” tutur dr Muliaman pada wartawan belakangan ini.

Mengenai massa otot, lanjut dr Muliaman, akan menyusut pada umur di atas 50 tahun, bila kekurangan nutrisi, khususnya protein. Asam amino yang ada di protein adalah senyawa yang diperlukan untuk merangsang sintesis protein dalam otot. Hingga konsumsi protein yang cukup benar-benar diperlukan oleh beberapa lanjut usia untuk menjaga massa ototnya.

“Massa otot benar-benar dikuasai oleh makanan yang dikonsumsi selain itu latihan yang cukup dapat juga memengaruhi massa otot. Anggota badan yang tidak dilatih umumnya akan mengakibatkan ototnya jadi kendor serta tidak berkembang,” tuturnya.

dr Muliaman memberikan tambahan, bila telah ada di umur dengan keadaan ototnya yang kendor, masih dapat dinaikkan. Triknya pasti dengan penuhi konsumsi nutrisi yang kaya protein, kalsium dan masih melatih otot dengan melakukan aktivitas.

“pemberian diet protein tinggi serta rendah kalori pada dewasa bisa jaga berat tubuh dan tingkatkan waktu otot. Ditambah lagi jika protein yang diberi whey. Untuk kepadatan tulang, dipengaruhui oleh protein yang tinggi serta kalsium dan phospat serta zink,” imbuhnya.

Menurut dr Muliaman, memang pergantian menambahkan massa otot pada seorang tua tidak secepat saat muda. Tetapi, sekurang-kurangnya kita masih optimistis serta mengupayakan supaya massa tulang ini dapat dinaikkan serta sekurang-kurangnya dipertahankan. “Sebab massa otot ini bukanlah masalah estetika tetapi dapat juga menjaga daya badan dari infeksi serta jaga kesetimbangan,” katanya.

Salah satunya konsumsi nutrisi yang memiliki kandungan kalsium dan protein tinggi untuk menjaga massa otot serta tulang dapat bersumber dari susu seperti Entrasol Senior. Selain itu, Entrasol Senior diformulasikan dengan benar-benar rendah laktosa (gula susu). Hingga buat orangtua yang telah lama tidak minum susu atau seringkali kembung serta begah minum susu, Entrasol Senior akan aman dikonsumsi dengan masalah aliran cerna ini.