Berita Terbaru – YouTuber Indonesia ini telah lebih dari 1 tahun tinggal di Belanda. Dia seringkali membuat masakan Indonesia untuk di jual ke tetangga-tetangganya. Ialah Nanda Gita, YouTuber asal Indonesia yang telah tinggal di kota Utrecht, Belanda sejak mulai Maret 2018.

Mengejutkan ! Youtuber Ini Menjual Nasi Rames Di Belanda

Dia mendapatkan visa permanent residence sepanjang 5 tahun dari sponsor pasangan. Salah satunya pekerjaan harian Nanda di Belanda ialah masak. Dia membuat macam makanan tradisionil Indonesia untuk di jual ke tetangga-tetangganya yang banyak orang Belanda asli.

Dari beberapa video masaknya, video berjudul “JUAL NASI RAMES DI BELANDA PAKE TELOR,BUNCIS,DAN PERKEDEL 13 PORSI HARGA SATU JUTA RUPIAH” terbanyak dilihat. Sampai berita ini dicatat, video telah dilihat 235 ribu kali.

“Hari Senin itu jadwalnya masak untuk tetangga. Kebetulan ini hari yang pesen ada 13 bagian. Lauknya nasi rames, saya buat namanya nasi rames,” kata Nanda diawalnya video. Dapur mungilnya terlihat dipenuhi beberapa bahan masakan.

Nasi rames yang dia tujuan terbagi dalam nasi putih, tumis buncis, perkedel kentang, serta telur saus asam manis. “Nasi putih telah ada 2,5 liter, perkedel kentang telah saya buat dari semalem serta daun bawangnya ditukar bawang prei,” tutur Nanda. Sedang tumis buncisnya digabung dengan kacang panjang.

Spesial untuk telur, Nanda menyengaja tidak membuat telur balado. “Sebab orang Belanda tidak senang pedes. Siasatnya saya buat telurnya dengan telur asam manis, dengan tepung maizena,” lanjut Nanda. Dia terlihat sigap memproses semua isian nasi rames dalam tempo relatif bertepatan. Contohnya saja saat mempersiapkan tumis buncis, dia menggoreng perkedel. Kadang-kadang Nanda memberikan panduan masak untuk penontonnya.

Untuk perkedel kentang, contohnya, dia menggunakan kentang spesial untuk mashed potato. Sayangnya struktur kentang ini begitu lembek. “Langkah ngakalinnya, saya pakein tepung terigu serta tepung beras. Jadi kelak cocok digoreng cukup ngumpul, gak lembek sekali,” tutur Nanda.

Untuk telur saus asam manis, Nanda memakai bawang putih, bawang prei, serta bawang bombay. Pemakaian banyak bawang memberikan rasa gurih enak pada masakan sekaligus juga menganakemaskan hasrat orang Belanda yang senang bawang. Bumbu yang lain ialah saus tomat, kecap manis, serta tepung maizena.

Memproses telur saus asam manis ini termasuk gampang. Sebab tinggal diaduk di wajan dengan bumbu sampai mengental. Diluar itu, Nanda mempersiapkan perkedel jagung serta bolu pisang gratis untuk pelanggannya pada hari itu.

Paket nasi rames ini disediakan Nanda untuk 13 bagian. Dia mendapatkan penghasilan 60 euro atau seputar Rp 1 juta. “Modalnya kurang lebih 20-25 euro, lebihnya 30 euro atau seputar Rp 450.000 kesempatan ini. Uangnya tidak saya pakai apa-apa sich, saya tabung,” kata Nanda. Hasil dari tabungannya ini, Nanda nyatanya telah sukses ajak orang tuanya keliling 6 negara waktu ke Belanda. Dia juga terus telaten kumpulkan penghasilan penambahan dari pekerjaan memasaknya ini.