Berita Terbaru – Ketum baru PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, akui telah mendapatkan masukan dari pelatih lokal untuk pilih Luis Milla atau Shin Tae-yong. Dua nama paling akhir ini jadi calon pelatih baru tim nasional Indonesia untuk gantikan Simon McMenemy. Iwan Bule menerangkan fakta faksinya minta input dari pelatih lokal. Ini dikerjakan untuk memperhatikan kecocokan pelatih baru dalam mengatasi kultur sepak bola tim nasional Indonesia.

Ketum PSSI Baru Sudah Mendapatkan Masukan Dari Beberapa Pelatih Lokal Untuk Tentukan Pelatih Timnas

Meskipun begitu, Iwan Bule belum dapat mengatakan siapapun pelatih lokal yang akan disuruh input. Tetapi, kemungkinan tiga figur itu ialah pelatih tim nasional Indonesia umur muda yaitu Bima Sakti, Fakhri Husaini serta Indra Sjafri.

Sebelum minta input dari pelatih lokal, Luis Milla serta Shin Tae-yong akan lakukan fit and proper test di muka pengurus PSSI. Kemudian, PSSI akan menginformasikan siapa pelatih yang pas membesut tim nasional Indonesia sampai 2021.

“Kami akan meminta input dari pelatih lokal buat mereka yang namanya telah masuk yaitu Luis Milla serta Shin Tae-Yong. Mereka akan lakukan tes,” kata Iwan Bule waktu diwawancara wartawan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019).

Awalnya, PSSI telah putuskan untuk mendepak Simon McMenemy dari bangku pelatih tim nasional Indonesia. Pertandingan Malaysia kontra tim nasional Indonesia pada laga ke lima Group G Kwalifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019), jadi pertandingan perpisahan Simon McMenemy.

Anjloknya perform tim nasional Indonesia dalam Kwalifikasi Piala Dunia 2022 diduga mengubah ketetapan PSSI pada Simon. Hasil itu membuat Indonesia jadi hanya satu team yang belum mempunyai point di papan klassemen sekaligus juga menempati tempat juru kunci Group G Kwalifikasi Piala Dunia 2022. Gagasannya, pelatih baru yang gantikan Simon McMenemy akan berjumpa PSSI di akhir November.

Sekarang, baik Luis Milla atau Shin Tae-Yong masih mempunyai pekerjaan lain sebelum nanti hadir menjumpai PSSI. “Jadi rekan-rekan berharap bersabar, bukan kami langsung ubah sebelum musuh Malaysia. Sesudah musuh Malaysia itu bukan Simon McMenemy,” kata Iwan Bule.