Berita Terbaru – Satu pekan telah Ma’ruf Amin jadi orang ke-2 di republik ini. Sesudah dikukuhkan pada Minggu (20/10/2019), Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah jalankan beberapa pekerjaan kenegaraan. Beberapa saat sesudah dikukuhkan, Ma’ruf terima kunjungan wapres dari tiga negara teman dekat yaitu China, Vietnam, serta Myanmar. Esoknya, dia terbang ke Jepang hadiri pengukuhan Kaisar Naruhito. Ma’ruf melawat ke Jepang sepanjang dua hari.

Ini Kegiatan Ma'ruf Amin Setelah Menjabat Sebagai Wakil Presiden

Waktu melawat ke Jepang, Ma’ruf hadiri pertemuan bilateral di antara Indonesia dengan Raja Malaysia Sultan Abdullah. Pulang dari Jepang, Ma’ruf mengikuti Presiden Joko Widodo menginformasikan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Yang pertama adalah Hadiri penobatan Kaisar Naruhito di Jepang Di Negeri Matahari keluar ini, Wakil presiden Ma’ruf Amin melakukan pekerjaan dari Presiden Jokowi untuk sebagai wakil pemerintah Indonesia hadiri pengukuhan Kaisar Naruhito di The Seiden (State Hall), Imperial Palace. “Saya serta rombongan terbatas pergi ke arah Jepang untuk sebagai wakil Pemerintah Indonesia. Ada dalam Upacara Pengukuhan Kaisar Jepang, Naruhito,” kata Ma’ruf lewat info tercatat dari Sekretariat Wakil Presiden, Senin (21/10/2019).

Wakil presiden Ma’ruf mengemukakan, upacara pengukuhan akan berjalan di Tokyo pada Selasa (22/10/2019) siang hari waktu ditempat. “Setelah upacara pengukuhan, saya serta rombongan akan langsung kembali pada Jakarta serta datang di Jakarta, Insya Allah Selasa (22/10/2019) malam,” kata Ma’ruf. Ma’ruf melawat ke Jepang ditemani sang istri Wurry Estu Handayani.

Yang kedua adalah Pertemuan bilateral dengan Raja Malaysia Ma’ruf, pada Selasa (22/10/2019), mengadakan pertemuan bilateral dengan Raja Malaysia Sultan Abdullah. Pertemuan bilateral itu dikerjakan di celah kunjungan kenegaraannya di Tokyo Jepang dalam rencana hadiri upacara pengukuhan Kaisar Jepang Naruhito.

“Raja Malaysia akan mengemukakan selamat serta ingin berteman dengan Pak Wakil presiden,” tutur Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar di Imperial Hotel Tokyo, Senin (21/10/2019), seperti diambil Di antara. “Diluar itu, (pertemuan bilateral) pasti ada juga perbincangan dari kedua pihak untuk sama-sama memperkuat jalinan bilateral di antara Indonesia-Malaysia,” katanya.

Pertemuan bilateral itu diadakan sebelum Ma’ruf hadiri upacara pengukuhan Kaisar Jepang Naruhito. Raja Malaysia Sultan Abdullah jadi tamu kehormatan ke empat yang lakukan courtesy call dengan Wakil presiden Ma’ruf Amin semenjak dikukuhkan.

Yang ketiga adalah Dampingi Presiden Jokowi informasikan nama menteri Pulang dari Jepang, Ma’ruf lalu mengikuti Presiden Joko Widodo menginformasikan beberapa nama menteri ke publik. Pengumuman berjalan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Ma’ruf ikut mengikuti presiden waktu memberi surat ketetapan (SK) pengangkatan pada beberapa menteri sampai acara pengukuhan.

Yang keempat adalah Gunakan sarung, Ma’ruf hadiri sidang kabinet pertama Kamis (24/10/2019), Ma’ruf hadiri Sidang Kabinet untuk pertama kali. Hal yang menonjol darinya waktu itu adalah ia kembali kenakan sarung. Ma’ruf beberapa waktu tidak kenakan pakaian uniknya waktu hadiri beberapa acara kenegaraan selesai dikukuhkan jadi wapres.

Waktu pengukuhan, Ma’ruf kenakan setelan jas hitam. Demikian juga waktu melawat ke Jepang serta mengikuti Presiden melantik menteri, Ma’ruf kembali kenakan setelan jas. Baru, waktu sidang kabinet pertama, Ma’ruf kenakan sarung dipadukan dengan jas abu-abu, kopiah hitam, dan sorban putih yang dikalungkan di lehernya.

Yang kelima adalah Hadiri pucuk Hari Santri di Surabaya Ma’ruf dan sang istri, Wury Handayani, berangkat ke Surabaya, Jawa Timur, Minggu (27/10/2019). Ma’ruf ke Surabaya hadiri pucuk peringatan hari santri. Tidak hanya memberi sambutan di acara itu, Wakil presiden Ma’ruf Amin akan lakukan penabuhan Bedug, jadi sinyal peresmian pembukaan Pagelaran Budaya Santri Nusantara 2019.