Berita Terbaru – Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk bisa menyelenggarakan sebuah kompetisi ice skating. Ajang internasional itu mempertarungkan dari berbagai pihak. Kejuaraan figure ice skating bertopik Skate Indonesia 2019 sedang berjalan di Oasis Centre Arena, Jakarta Timur. Pada kompetisi yang bergulir dari tanggal 24 sampai 27 Oktober itu, sekitar 490 olahragawan ice skating akan berkompetisi. Mereka datang dari Indonesia, Malaysia, Thailand, serta Filipina.

Kejuaraan Ice Skating Yang Digelar Di Indonesia Ini Mengikutsertakan Beberapa Peserta Dari Asia Tenggara

Kelompok yang ditandingkan dari mulai umur dini (atlet termuda berumur 4 tahun) sampai level senior. Tujuan ini juga dilakukan agar bisa mencari bibit muda yang berkwalitas. Kejuaraan yang diadakan oleh Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) ini menyertakan beberapa olahragawan ice skating Indonesia yang akan tampil pada SEA Games 2019. Mereka salah satunya ialah Savika Refa Zahira, Calvin Pratama, serta Rizqy Dwi Apolianto.

Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara, mengatakan jika cabang olahraga musim dingin seperti ice skating masih termasuk baru di Tanah Air. Maka dari itu antusias para penonton mungkin saja tidak banyak seperti ajang olahraga lainnya. Maka dari itu harus mendapatkan perhatian lebih.

Oleh karenanya, terdapatnya arena seperti Skate Indonesia 2019 diinginkan dapat melahirkan bibit-bibit baru. “Kami menggerakkan arena winter sport di Indonesia,” kata Harry Warganegara waktu pembukaan arena itu.

“Saya cukup bangga. Dari usia empat tahun, lima tahun, beberapa orang Indonesia bisa bermain ice skating. Ini pasti jadi keinginan untuk hari esok,” papar ia meneruskan. FISI sendiri tertera akan mengirim 14 olahragawan untuk arena SEA Games 2019 akan datang.

Dari 14 olahragawan, 4 salah satunya skater kelas figur, serta 10 bekasnya kelas skater short trek. Sekarang, ke-14 olahragawan itu sedang jalani pemfokusan latihan di Amerika Serikat serta Korea Selatan.

“Skate Indonesia 2019 diselenggarakan untuk menggairahkan ice skating di Indonesia. Ditambah lagi, kami akan turut SEA Games 2019 di Manila,” tutur Ketua Umum FISI, Susan Herawati. “Akan ada 14 olahragawan yang kami kirim di dua nomor. Semoga dapat mendapatkan dua medali emas,” tuturnya.