Berita Terbaru – Sepanjang 2019 ini, tertera empat kalian service punya Facebook Inc. tumbang secara berbarengan. Akhir kali sosial media Facebook, Instagram, serta WhatsApp tumbang ialah pada awal Juli kemarin. Insiden tumbangnya tiga service Facebook secara bersamaan pada Juli lalu itu jadi problem dengan tempo yang paling lama berlangsung. Situs Downdetector mencatat masalah itu mulai berlangsung kurang lebih jam 21.00 WIB sampai pagi hari. Facebook selanjutnya mohon maaf. Media sosial ini juga berdalih kalau terjadi kekeliruan sistem kala proses pemeliharaan dikerjakan. Tetapi apakah benar demikian?

Inilah Alasan Kenapa Dalam Beberapa Bulan Ini CS Facebook Kerap Kali Down

Waktu lalu satu rekaman perbincangan bos Facebook, Mark Zuckerberg bocor pada media. Dalam rekaman ini Zuckerberg ikut mengulas pemicu dari tumbangnya service Facebook beberapa waktu kemarin. Walau Zuckerberg melemparkan pengakuan yang cukup diplomatis, pada dasarnya dia mengaku jika Facebook memang tengah jalankan rangkaian tes, serta tes itu yang selanjutnya membuat skema jadi “down”.

“Jadi beberapa hal yang awalnya hanya satu hal kecil, saat ini jadi beberapa hal yang mengakibatkan skema tumbang, serta kita butuh merubah langkah kita bereaksi pada hal itu, serta lebih konsentrasi pada keunggulan skema yang sedang dibikin,” kata Zuckerberg. “Jadi bukan karena hanya satu hal tehnis, tetapi kompleksitas pada skema yang tengah berkembang,” sambungnya dalam rekaman itu. Zuckerberg menjelaskan jika tumbangnya service Facebook memberikan efek besar pada keyakinan pemakai.

Serta menurut dia tidak dikit pemakai yang selanjutnya berubah ke service lain seperti iMessage atau Telegram. Dia memberikan tambahan, perlu waktu panjang sampai beberapa bulan untuk kembali mendapatkan keyakinan pemakai pada servicenya. “Jadi ya, ini permasalahan besar. Kami lakukan hal yang lebih jelek dibanding awalnya,” pungkas Zuckerberg.

4x semenjak awal tahun Facebook sendiri telah 4x alami masalah selama 2019 ini. Masalah pertama berlangsung pada Januari kemarin. Tetapi saat itu, cuma dua service yang alami masalah, yaitu Instagram serta WhatsApp, yang tidak bisa dipakai di beberapa daerah dunia. Selanjutnya masalah ke-2 serta yang terberat dirasakan ke-3 service ini pada pertengahan Maret 2019. Saat itu, baik Facebook, Instagram, atau WhatsApp saling alami masalah sepanjang berjam-jam dari pagi sampai tengah hari.

Waktu itu ada sangkaan antara beberapa netizen jika Facebook tengah terserang oleh peretas, tetapi sangkaan itu selekasnya dihalau oleh Facebook dengan menjelaskan sebabnya ialah masalah server. Sebulan sesudahnya, pada April, ke-3 service ini kembali berhenti untuk ke-3 kalinya pada 2019. Saat itu pemakai Instagram menyalahkan susah mengupload content, serta fitur-fitur penting seperti Instagram Stories, Direct Message, serta saluran feed tidak bisa dipakai.