Berita Terbaru – Penentuan tempat penyelenggaraan tuan rumah piala dunia 2034 selalu menjadi hal yang seru untuk dibahas. Baru baru iniDelegasi Indonesia yang di pimpin Sekretaris Menteri Pemuda serta Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto, hadiri acara the 9th ASEAN Senior Officials Meeting on Sports (SOMS-9) di Manila, Filipna, Senin (7/10/2019). Pertemuan di antara wakil-wakil negara se-ASEAN itu akan berjalan sampai Selasa (8/10/2019), serta bersambung pada Rabu (9/10/2019) untuk tingkat the 5th ASEAN Ministerial Meeting (AMMS-5).

Indonesia Memperoleh Banyak Dukungan Untuk Siap Di Tahun 2034 Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia

Pada pertemuan tersebut, dibuat beberapa ketetapan. Banyak hal yang penting yang diulas serta disetujui di hari pertama itu ialah tersangkut penyalonan Indonesia jadi tuan-rumah Piala Dunia 2034. Dalam press release itu, walau Indonesia lewat PSSI telah menyarankan diri bersama dengan Australia untuk mencalonkan diri jadi salah satunya co-host Piala Dunia 2034.

Namun, demikian faksi ASEAN sama-sama memperingatkan untuk masih memberi dukungan ke-2 negara itu. Sebelum diadakan SOMS-9, Gatot S. Dewa Broto sudah konsultasi dengan PSSI, yang pokoknya untuk dikerjakan bahasan bersama dengan di antara AFC, AFF serta Sekretariat ASEAN.

“Mustahil semua negara ASEAN jadi tempat laga (optimal mungkin 3 negara), semasing negara harus lakukan pengaturan dengan federasi sepakbolanya,” sebut Gatot. “ASEAN harus manfaatkan momen giliran lokasi Asia di tahun 2034 dengan optimal, sebab bila tidak jatuh pada Cina,” tuturnya meneruskan. S

ementara itu, semenjak Piala Dunia sah diadakan pertama-tama pada 1930, cuma tiga negara Asia yang sukses jadi tuan-rumah pesta sepak bola paling besar di dunia itu. Ke-3 negara itu ialah Jepang, Korea Selatan, serta Qatar. Jepang bersama dengan Korea Selatan jadi tuan-rumah Piala Dunia 2002. Mengenai Qatar yang akan jadi tuan-rumah Piala Dunia 2022.

Tidak hanya bahasan penyalonan Piala Dunia 2034, semua negara ASEAN yang ada dalam SOMS-9 memberi dukungan seutuhnya penyalonan Indonesia untuk bidding U-20 Piala Dunia tahun 2021,. Mengenai penetapan selamat atau tidaknya Indonesia jadi tuan-rumah Piala Dunia U-20 2021 dikerjakan pada tanggal 23 atau 24 Oktober 2019. Indonesia akan berkompetisi dengan Brasil serta Peru.