Berita Terbaru – Sebagus apapun sistem keamaan memang harus selalu ditingkatkan. Iya para hecker selalu saja dapat membuat sebuah celah untuk menenukan celah celah dalam sebuah sistem. Baru baru ini kabarnnya Whatss Apps sebagai aplikasi pengerim pesan terkemuka ini mendapat perhatian dari beberapa penguji sistem keamanan.

Wajib Tahu Teryata Peretas Bisa Ngeheck Whatapp Kita Dengan Gambar GIF

Periset sekuriti yang diketahui dengan nama “Awakened” temukan sela keamanan di WhatsApp versi Android. Sela keamanan bernama “double-free” itu dapat dimasuki peretas memakai kiriman gambar GIF yang memiliki kandungan kode berbahaya. Double free menyebabkan kehancuran memori piranti yang dapat memunculkan bermacam skenario.

Dari mulai aplikasi yang terblokir sampai buka akses ke piranti pemakai seutuhnya. Salah satu hal yang paling berbahaya adalah, peretas dapat manfaatkan sela ini untuk mengambil data pemakai. Hal inilah yang harus kita waspadai sebagai pengguna whatapps,

Awakened menguraikan singkat langkah kerja bug ini. Peretas akan mengirim GIF berbahaya barusan serta mereka akan menanti pemakai buka GIF itu. Sesudah dibuka bug akan menyerang serta dapat buka akses ke galeri gambar WhatsApp. Sela keamanan itu tersembunyi di WhatsApp Gallery Display, atau penampilan pratinjau yang ada sebelum pemakai kirim gambar. Android versi 8.1 Oreo serta 9 Pie rawan akan serangan ini. Versi Android yang lebih usang tidak terimbas.

“Tidak mungkin menyebabkan bug ini di Android versi 8 serta awalnya, tetapi aplikasi dapat rusak sebelum betul-betul terserang,” jelas Awakened. Facebook sudah mendapatkan laporan mengenai bug berkaitan. Pada Awakened, induk WhatsApp itu sudah memverifikasi jika versi paling baru aplikasinya sudah menambal sela keamanan disebut.

“Eksploitasi bug kerja di WhatsApp versi 2.19.230. Sela keamanan itu sudah ditambal dengan pembaharuan WhatsApp versi 2.19.244,” catat Awakened, dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Kamis (3/10/2019). Untuk menghadapi, tidak ada kelirunya pemakai Android selekasnya mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Berdasar laporan The Next Situs, WhatsApp mengklaim tidak ada laporan pemakai karena sela keamanan ini. “Penemuan itu sudah diadukan serta langsung diperbaiki bulan kemarin,” jelas satu diantara perwakilan WhatsApp.