Berita Terbaru – Indonesia kembali tebar pesona di depan dunia internasional. Tampilan budaya Nusantara sukses memikat masyarakat Amerika Serikat. Berdasar launching yang diterima wartawan dari KBRI Washington DC, Kamis (12/9/2019) Somersworth Indonesian Festival (SIF) adalah acara berisi beberapa budaya Indonesia. Acara dibuka dengan parade Nusantara, tampilan angklung bahkan juga beberapa makanan ciri khas Indonesia. Festival dibuka dengan pengguntingan pita serta parade Nusantara dengan iringan tari Kabasaran ciri khas Sulawesi Utara, yang dibarengi oleh Dubes RI, beberapa walikota, senator, serta tamu undangan yang lain. Pengunjung dihibur dengan bermacam tarian wilayah, musik yang dibawakan oleh warga serta diaspora Indonesia, dan mahasiswa serta pelajar Indonesia ditempat atau yang hadir dari kota-kota di sekelilingnya.

Kemabali Indonesia Berhasil Tebar Pesona Di Kancah Internasional

Tertera, ada 4.271 orang hadiri Festival Indonesia. Acara yang berada di Somersworth, New Hampsire, Amerika Serikat ini jadi gelaran teratur yang diselenggarakan untuk memperkenalkan Indonesia melalui beberapa segi budaya pada masyarakat ditempat di Negeri Paman Sam. Gagasannya, tempat ini akan dibikin lokasi ‘Little Indonesia’. Kota Somersworth mempunyai luas 25 km. persegi dengan populasi 11.000 jiwa, kurang lebih 2.000 salah satunya datang dari Indonesia, dengan sebagian besar dari Propinsi Sulawesi Utara. Besarnya pembagian ini jadikan diaspora (WNI) Indonesia jadi barisan etnis imigran paling besar di Somersworth.

Di pucuk acara, beberapa tamu undangan serta pengunjung dibawa mainkan angklung yang di pimpin oleh Tricia Sumarijanto, pelatih angklung dari barisan seni budaya House of Angklung di Washington, DC. Beberapa pengunjung yang disebut masyarakat AS menjelaskan mereka baru pertama-tama menggenggam angklung terlihat kagum serta benar-benar nikmati serasi alunan angklung, khususnya lagu-lagu yang telah diketahui seperti ‘America the Beautiful’ serta ‘I Have A Dream’. Diluar itu, beberapa petinggi AS ikut ada menyemarakkan acara. Seperti beberapa senator, 3 walikota, serta 2 calon Presiden AS.

“Festival ini hari lebih dari perayaan seni budaya, kuliner, serta wisata Indonesia, tetapi sekaligus juga perayaan spirit Amerika serta Kota Somersworth, yang sepanjang lebih dari 265 tahun menyongsong baik serta merangkul beberapa imigran, Gagasan dibuatnya Little Indonesia pertama di Amerika di sini yaitu bentuk suport kita pada komune Indonesia yang sudah bersama membuat serta jadi sisi dari Somersworth,” jelas Walikota Dana Hilliard.

Beberapa tamu undangan serta masyarakat seputar yang ada juga mencicip makanan serta rasakan langsung budaya Indonesia. Satu diantara pengunjung bahkan juga mencicip Rendang, makanan Indonesia yang mendunia, bahkan juga jadi satu diantara kuliner terlezat dunia.

“Saya dengar makanan Indonesia enak-enak, serta barusan telah coba rendang. Cukup pedas, tetapi lezat serta saya senang,” kata Michael, masyarakat Dover yang bertandang. Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar menghargai suport beberapa petinggi AS. Menurut dia, ini bisa menguatkan jalinan Indonesia serta Amerika Serikat sekarang serta di masa datang.

“Suport yang mengagumkan dari seluruh pihak ini menguatkan jalinan Indonesia serta Amerika Serikat, yang sekarang berumur 70 tahun. Ini berkelanjutan semenjak Kemerdekaan Indonesia mendapatkan pernyataan internasional, yang tidak cuma dikerjakan oleh Pemerintah AS, tetapi legislator serta warga AS dengan aktif menggerakkan pernyataan kedaulatan Indonesia 70 tahun kemarin,” katanya.