Berita Terbaru – Baru baru ini ada berita yang sangat viral ya. Itu tentang tersinggung nya seorang wanita yang masih tergolong muda namun di panggil nenek. Ini berlangsung dalam satu video yang viral, saat seseorang ibu ngamuk ke penumpang di sampingnya sebab tidak terima di panggil ‘nenek’. Kata kata tersebut memang lah hal yang tidak mengenakan untuk dikatakan kepada wanita yang masih muda. Kasus ini pun langsung viral di indonesia. Tidak sedikit pihak pihak yang membicarakan hal itu. Nah sekarang kita akan melihatnnya dari sisi kaca mata psikologi.Sebagian orang memang dapat jadi lebih sensitif masalah umur, contohnya di panggil dengan panggilan untuk orangtua walau sebenarnya usianya masih terbilang muda. Beberapa negara di luar negeri seperti jepang atau korea sangat tabu sekali menayakan usia kepada orang yang belum kita kenal atau orang yang belum benar benar dekat dengan kita.

Melihat Dari Kaca Mata Psikologi Perihal Kasus Panggilan Nenek Kepada Wanita Masih Muda

Sensitif masalah panggilan yang terkait dengan umur tersendiri lumrah saja berlangsung. Demikian pula untuk masalah lain, seperti berat tubuh. Linda Setiawati, M.Psi, seseorang psikolog dari Personal Growth, merekomendasikan sebaiknya waktu mengemukakan ketidaksukaan atau tidak setujunya, dapat belajar untuk mengomunikasikannya lewat cara yang lebih asertif.

Mengemukakan perasaan serta hal yang tidak disenangi memakai bahasa yang sopan serta dikatakan dalam keadaan yang tenang. Tak perlu memakai emosi serta amarah. Linda memberi panduan untuk mengemukakan ketidaksukaan berkaitan panggilan lewat cara yang sopan serta asertif yakni dengan menjelaskan keberatan dengan sopan. “Minta maaf, tapi saya kurang senang lewat cara Anda menyebut saya. Lebih baik Anda menyebut saya … terima kasih,” tuturnya memberikan contoh.

Saat wawancara terpisah, Nuzulia Rahma Tristinarum, pegiat psikolog keluarga, menjelaskan yang paling aman untuk menyebut orang yang kita tidak meyakini usianya dengan panggilan Kakak atau Mbak/Mas atau Ibu/Bapak. Sebab dalam tingkatan panggilan, panggilan ini ada di tengahnya. Dengan demikian, efek satu orang tersinggung sebab panggilan panggilan bisa diminimalkan. “Disaksikan saja kurang lebih lebih pas Kakak, Mbak/Mas atau Ibu/Bapak,” tuturnya.