Berita Terbaru – Beberapa hari yang lalu kondusi sungai atau kali jambe menjadi viral dikarnakan kondisinnya yang begitu parah dan sudah seperti tempat penumpukan sampah. Melihat keadaan itu tidak lama kemudian Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Bekasi pun mengambil tindakan untuk segara bisa bersihkan kali yang sangat kotor itu. Namun banyak beberapa pihak mengatakan bahwa tindakan itu diambil karena kondisi kali yang sempat viral di social media.

Heboh Di Sosial Media Dinas LH Langsung Ingin Bersihkan Kali Jambe. Benarkah Demikian

Akan tetapi Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Bekasi memperjelas pembersihan lautan sampah di Kali Jambe, Kabupaten Bekasi bukan lantaran viral di sosial media. Masalah yang ditemui yaitu menanti tersedianya alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) yang masih dipakai untuk pembersihan Kali Bahagia. “Mengapa kita baru bergerak saat ini, bukan lantaran viral, bukan. Sebab memang alat beratnya tempo hari hampir sebulan digunakan di Kali Busa untuk pengerukan sampah,” kata Kepala Bagian Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto pada wartawan, Rabu (4/9/2019) malam.

Dodi menjelaskan Dinas LH dapat bergerak untuk mengeruk sampah di Kali Jambe jika alat berat dari Dinas PUPR sudah ada. Begitulah penjelasan dari dodi untuk menampik rumor tidak jelas yang sedang beredar di masyarakat itu. Selain itu, untuk tehnis pengerukan serta survey ke tempat, dinas LH akan bekerja bersama dengan dinas PUPR. “Gini, saya ikuti alat berat, jika contohnya survey kan dari rekan-rekan PUPR,” sambungnya.

Diluar itu, Dodi mengatakan pengangkatan sampah itu tidak dapat dikerjakan dengan tangan, tetapi harus memakai alat berat. Dinas LH masalah tersedianya alat cuma mempunyai truk sampah, hingga untuk pengangkutan sampah harus menanti Dinas PUPR. “Alat berat itu yang punyai PUPR,” tambah Dodi. Pemkab Bekasi merencanakan akan bersihkan sampah pada Jumat (6/9). Dodi menjelaskan belum dapat pastikan berapakah jumlahnya alat berat yang akan dikerahkan. Ia menyerahkan pada Dinas PUPR. Dinas LH ini hari akan lakukan tinjauan langsung ke Kali Jambe untuk lakukan pemetaan proses masalah pembersihan sampah.H hari ini juga akan melakukan tinjauan langsung ke Kali Jambe untuk melakukan pemetaan mekanisme soal pembersihan sampah.