Berita Terbaru – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menjelaskan keonaran yang berlangsung di Papua harus dituntaskan dengan kepala dingin serta semangat kekeluargaan.Cara seperti ini memang menjadi cara yang pas untuk negara kita yang sudah memiliki kultur itu. Dia mengerti tindakan protes yang dikerjakan masyarakat di beberapa daerah di Papua sebab kecewa dengan beberapa kata rasis.

Ketua Umum Partai NasDem Ikut Menyuraikan Penuntasan Masalah Papua Harus Segera Di Selesaikan

“Kita mengaku jika aksi segelintir pelaku sudah melukai serta mencederai hati serta perasaan warga Papua. Cedera Papua ialah cedera kita. Permasalahan yang berlangsung di Papua jadi permasalahan kita jadi satu bangsa dan negara,” kata Surya Paloh dalam info tertulisnya, di Jakarta, Jumat (30/8/2019) malam. Surya Paloh menjelaskan hal tersebut dalam menyimak perubahan serta kondisi di Bumi Cendrawasih, baik di Papua atau di Papua Barat. perubahan inilah yang membuat tokoh politik itu ikut menyuarakan percepatan penuntasan konfilik ini agar tidak berkepanjangan Menurutnya, aparat keamanan sudah tindak tegas beberapa pelaku yang sudah semena-mena pada masyarakat Papua.

“Ini tunjukkan jika pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap memiliki komitmen untuk selalu junjung tinggi prinsip kemanusiaan yang adil serta beradab sekaligus juga keadilan sosial buat semua rakyat Indonesia, tidak kecuali masyarakat Papua,” tuturnya. Diluar itu Surya Paloh minta pada pemerintah, pengemban otoritas paling tinggi Republik Indonesia, untuk memprioritaskan pendekatan kultural dalam mengatasi permasalahan di Papua sekarang.

“Utamakan tetap pendekatan persuasif serta semangat persaudaraan jadi satu bangsa,” katanya. Dia juga ajak pada semua masyarakat bangsa serta kemampuan politik di semua pelosok negeri untuk selalu memberi suport pada pemerintah Indonesia dalam usaha mengakhiri permasalahan di Papua.

Surya Paloh juga memerintah pada semua kader Partai NasDem, terutamanya yang berada di Papua untuk menggalakkan dialog serta semangat berkebangsaan ditengah-tengah masyarakat Papua jadi sisi dari penegasan jika semua ialah Satu Nusa Satu Bangsa. “Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Kuasa membuat perlindungan kita serta selalu jaga kesatuan NKRI dari rongrongan kemampuan yang pemecah iris negara dan bangsa Republik Indonesia,” tutur Surya Paloh, mengharap.