Berita Terbaru – Ide akhir minggu ini hadir dari Mangku Sitepoe. Dokter Mangku, panggilan akrabnya, adalah dokter yang sekarang masih aktif memberi service kesehatan buat warga berpendapatan rendah. Dia ikhlas dibayar cuma Rp 10 ribu.

Dokter Sitepoe Yang Memberikan Layanan Kesehatan Dengan harga Terjangkau

Kakek berumur 84 tahun ini seringkali dikatakan sebagai dokter profesinya ganda. Sebelum jadi ‘dokter manusia’, dokter Mangku mengawali profesinya jadi dokter hewan terlebih dulu. “Sebelumnya dari dokter hewan sebab dari kecil senang sama hewan. Saya memelihara ayam, babi, serta anjing. Saya suka dengan hewan. Pada akhirnya saya masuk Fakultas Kedokteran Jurusan Kedokteran Hewan di Universitas Gadjah Mada,” narasi dokter bernama komplet Mangku Sitepoe ini.

Sesudah lulus di tahun 1963, Mangku ditugaskan oleh Menteri Pertanian di Kabupaten Langkat, tempat aslinya. Sebab disana cuma ada seseorang dokter, karena itu beberapa orang yang menjumpai dokter Mangku untuk berobat. “Saya katakan saya dokter hewan, bukan dokter umum. Tetapi mereka katakan sudah gapapa obati ajalah,” kenang dokter Mangku.

Saya suka dengan hewan. Pada akhirnya saya masuk Fakultas Kedokteran Jurusan Kedokteran Hewan di Kampus Gadjah Mada Mangku Sitepoe – Dokter ’10 Ribu’Dokter Mangku menjelaskan jika pada prinsipnya obat manusia itu sebetulnya sama juga dengan obat hewan. Semua obat manusia sebelum dipakai harus ditest terlebih dulu pada hewan, jadi tidak ada beda. Yang memperbedakan hanya dosisnya.

“Jadi berprinsip pada ini saya kasih saja obat ke mereka. Pulih semua mereka. Hingga pada akhirnya semua pada hadir dari kampung lain untuk berobat,” ceritanya. Dari situlah pada akhirnya dokter Mangku mempunyai kemauan meneruskan studi jadi dokter umum. Pada tahun 1967 di usianya yang 32 tahun, dokter Mangku meneruskan studi kedokteran di Kampus Sumatera Utara (USU). Tahun 1978, dia mengakhiri studi kedokteran serta jadi seseorang dokter hewan sekaligus juga manusia.

“Saat ini saya tidak hanya dapat membantu hewan tetapi manusia juga, semua makhluk hidup. Saya bangga, suka, senang jika telah mengobati makhluk hidup,” ujarnya.Dokter Mangku sekarang masih berbakti layani pasiennya sepanjang 5 hari dalam satu minggu. Tiap Rabu serta Sabtu, dokter Mangku memberi service kesehatan di Klinik Pratama Bhakti Sosial Kesehatan Santo Tarsisius di Kebayoran Lama. Sedang tiap Kamis, Jumat, serta Minggu gantian dia bekerja di Klinik Pratama Bhakti Sosial Kesehatan Santo Yohanes Penginjil di Kebayoran Baru.