Berita Terbaru – Manager Liverpool, Juergen Klopp, akui senang dengan dipilihnya Virgil Van Dijk jadi pemain paling baik Eropa 2019. Ditambah lagi, sebab benar-benar jarang-jarang pemain bertahan dapat memperoleh penghargaan itu. Virgil Van Dijk dengan resmi dipilih jadi pemain paling baik Eropa atau UEFA Men’s Player of The Year 2019. Penghargaan itu diberi bertepatan dengan penarikan undian babak group Liga Champions musim 2019-2020, di Monako, Kamis (29/8/2019) atau Jumat pagi hari.

Klopp Kembali Lontarkan Komentar Lucu Perihal Keberhasilan Van Dijk

Van Dijk memperoleh penghargaan jadi pemain paling baik Eropa sesudah menyisihkan dua pemain yang sepanjang satu dekade ini menguasai persepakbolaan dunia, yaitu Cristianon Ronaldo (Juventus), serta Lionel Messi (Barcelona). Bek berdarah Belanda itu awalnya masuk nominasi atas keberhasilannya mengantar Liverpool ke tangga juara Liga Champions musim kemarin. Van Dijk dipandang jadi figur sentra di balik tampilan impresif Si Merah di arena Liga Inggris 2018-2019.

Walau pada akhirnya harus senang jadi runner up, hadirnya Van Dijk membuat Liverpool jadi club dengan jumlahnya kecolongan paling dikit di Liga Inggris. Di level internasional, Van Dijk sukses bawa tim nasional Belanda meluncur ke set final UEFA Nations League edisi pertama. Tetapi, Van Dijk tidak berhasil bawa team Oranye juara sesudah kalah dari Portugal. Penghargaan yang diterima Van Dijk dipandang patut oleh manager Liverpool sebab pemainnya itu tampil cemerlang selama musim kemarin. Klopp respek pada Van Dijk yang menjelaskan penghargaan itu ialah karena reka-rekan satu team dalam pidatonya.

“Cemerlang! Ini mengagumkan. Saya ingin selekasnya mengontaknya, tapi ia harus naik ke atas panggung,” kata Klopp, seperti diambil dari Goal, Jumat (30/8/2019). “Saya tentu saja benar-benar suka. Ditambah lagi, Van Dijk pahami jika dia tidak dapat terima penghargaan itu tanpa ada pertolongan rekan-rekannya,” tutur Klopp. Penghargaan yang diterima Van Dijk termasuk jarang ada mengingat ia ialah seseorang bek. Awalnya, penghargaan pemain paling baik Eropa didominasi oleh pemain yang berposisi jadi striker atau gelandang. Tahun kemarin, gelandang Real Madrid, Cedera Modric, yang didapuk jadi pemain paling baik Eropa. “Ini (penghargaan pemain paling baik Eropa)benar-benar jarang ada sebab Van Dijk ialah seseorang bek,” tutur Klopp.

“Virg ialah bek yang mengagumkan, saat ini 100 % ia ialah bek paling baik dunia. Ia patut memenangkan penghargaan itu,” papar Klopp. Van Dijk serta Klopp akan kembali bahu-membahu pada arena Liga Champions musim 2019-2020. Mereka akan menolong Liverpool untuk menjaga titel juara dengan mengawali perjuangan dari Group E yang berisi Napoli, Salzburg, serta Genk.